43 Guru Bahasa Indonesia MTs Ikuti Workshop Literasi Bersama Komunitas Sastra Kidung Semilir

43 Guru Bahasa Indonesia MTs Ikuti Workshop Literasi Bersama Komunitas Sastra Kidung Semilir
43 Guru Bahasa Indonesia MTs Ikuti Workshop Literasi Bersama Komunitas Sastra Kidung Semilir (Foto: Siti Fadilah/Majalah ISMA)

MAJALAH ISMA, Cianjur - Dalam rangka meningkatkan minat literasi pada siswa, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia tingkat MTs se-Kabupaten Cianjur selenggarakan Workshop Literasi pada Sabtu (24/09/22) di Gedung Dakwah, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini dihadiri secara online oleh Kepala  Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat dan dibuka langsung oleh H. Abdul Kohar, S.Ag, M.M.Pd mewakili Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur.

“Apresiasi untuk MGMP Bahasa Indonesia atas terlaksananya Workshop Literasi ini, karena pada faktanya minat literasi baik menulis maupun membaca harus terus ditingkatkan dan salah satu upayanya adalah dengan kegiatan seperti ini yang mendukung hal tersebut," ucap Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Cianjur dalam sambutannya sekaligus membuka acara (24/09/22).

Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa pun menyampaikan apresiasi dan dukungannya untuk kegiatan ini. Menurut penuturannya, kegiatan menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dan Balai Bahasa mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan minat tersebut pada masyarakat Indonesia, sehingga kegiatan workshop ini menjadi faktor yang mendukung salah satu misi dari Balai Bahasa.

Bekerja sama dengan Komunitas Sastra Kidung Semilir, kegiatan ini diisi dengan pembahasan dan pelatihan menulis puisi kreatif yang nantinya akan menjadi bahan ajar untuk para peserta didik MTs, dan produk hasil workshop berupa puisi ini rencananya akan dibukukan menjadi buku antologi puisi. Selain itu, peluncuran buku antologi puisi “Sekeranjang Puisi Kota Tauco” yang merupakan hasil kolaborasi antara MGMP dengan Komunitas SKS juga menjadi salah satu bagian dari rangkaian kegiatannya.

Komunitas SKS juga berperan aktif dalam kegiatan ini karena selain menjadi kolaborator, komunitas ini juga menghadirkan beberapa anggota komunitas dari luar daerah Cianjur dan salah satunya menjadi pemberi materi pada kegiatan ini sedangkan pemateri yang lain berasal dari PPPPTK Bahasa Kemendikbud Ristek, yaitu Hari Wibowo, S.S, M.Pd.

Materi yang dikemas dengan menarik menjadi salah satu faktor antusiasme peserta ketika kegiatan berlangsung, dibuka dengan tarian jaipong khas Jawa Barat dan beberapa sesi parade puisi yang dibacakan peserta menjadi daya tarik tersendiri pada kegiatan tersebut.


Wartawan: Desti Septiani dan Siti Fadilah
Editor: Dinnaya Mahashofia 
                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama