MAN 1 Cianjur Gelar Expo Karya Siswa Pergelaran P5PPRA Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

MAN 1 Cianjur Gelar Expo Karya Siswa Pergelaran P5PPRA Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka
(Foto: Indra Gunawan)
 

Majalah ISMA, Cianjur - Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kreativitas siswa khususnya kelas X, serta sebagai implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) MAN 1 Cianjur mengadakan kegiatan “Expo Karya Siswa Pergelaran P5PPRA”. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 23 September 2023 pada pukul 07.30-12.00 di lapangan serbaguna MAN 1 Cianjur.

Acara ini dibuka oleh Kepala Subbag TU Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur H. Abdul Qohar Azij, S.Ag., M.M.Pd., Pengawas MAN 1 Cianjur Jhon Effendy Setiady M.Ag., Wakil Kepala Madrasah Swasta Kabupaten Cianjur, dan guru serta staf tata usaha MAN 1 Cianjur.

Kegiatan tersebut mengusung tema ”Kearifan Lokal"” dengan jargon “Lestarikan 3 Pilar Budaya Cianjur”. 

Dalam kegiatan expo tersebut siswa/i kelas X menampilkan berbagai jenis penampilan 3 Pilar Budaya Cianjur (Ngaos, Mamaos, Maenpo). Penampilannya dibagi menjadi 6 divisi, yaitu divisi seni rupa, divisi Seni Musik (padus, karawitan, duet pupuh), divisi tari (tari mojang priangan, tari sampurasun, tari ronggeng nyentrik), divisi pencak silat (jurus cikaret 1, 2, 3, 4), divisi teater (teater murni, teater collab), divisi tahfidz dan ngaos (uji public, mutqin, syarhil qur’an, ambung ayat, sajak).

Expo ini merupakan hasil dari projek kurikulum merdeka, dimana beberapa bulan kebelakang para siswa/i kelas X telah berlatih dan mempersiapkan semuanya untuk mensukseskan acara tersebut. 

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan para siswa/i dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta bakat yang mereka miliki, dan juga berharap dapat menunjukan hasil karya peserta didik kepada masyarakat maupun orang tua peserta didik melalui postingan media sosial sekolah ataupun postingan peserta didik itu sendiri.         

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan beberapa stand kewirausahaan dari berbagai kelas. Diantaranya mereka menjual bebagai jenis makan, minuman serta menjual hasil karya mereka seperti gantungan kunci, baju kaos dengan desain batik, dan lain sebagainya. Dengan adanya stand kewirausahaan ini berharap dapat meningkatkan kreativitas serta kemampuan mereka dalam bidang kewirausahaan.

Kegiatan expo karya siswa ini sukses terlaksana dan berjalan dengan lancar serta para siswa/i mendapatkan manfaat serta pembelajaran yang begitu banyak sehingga akan sangat berguna bagi mereka kedepannya dalam mencapai cita-cita yang mereka inginkan.


Wartawan: Ilma Syakira, Nafisha Nurahfa, Syakira Fadlillah, Azkia Maula, Firda Hudatul
Editor: Salsabila Rosdiani

                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama