432 Siswa MAN 1 Cianjur Ikuti MATSAMA 2022


432 Siswa MAN 1 Cianjur Ikuti MATSAMA 2022 (Foto: Istimewa)


MAJALAH ISMA, Cianjur - MAN 1 Cianjur menggelar Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) untuk siswa baru dan pindahan pada Senin (18/7/2022). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sampai Rabu (20/7/2022).

Dari Pantauan Majalah ISMA, terlihat ada ratusan siswa-siswi yang duduk secara lesehan di Aula Serbaguna MAN 1 Cianjur. Mereka fokus menyimak penyampaian materi dari panitia dengan masih mengenakan seragam SMP/MTs.

Tercatat ada 432 siswa baru MAN 1 Cianjur yang mengikuti Matsama 2022. Akan tetapi, ada juga dua siswa pindahan kelas XI yang mengikuti Matsama agar mengenal tempat belajar mereka yang baru.

Wakil Kepala MAN 1 Cianjur Bidang Kesiswaan, Dadang Romawi mengatakan, Matsama tahun 2022 dilakukan secara tatap muka dan dilakukan pertama kali setelah dua tahun pelaksanaan pembelajaran daring. Diketahui pembelajaran daring dilakukan akibat merebaknya virus Covid-19.

"Insya Allah tidak ada kendala baik dari para peserta maupun para panitia. Meskipun, panitia Matsama yang tahun ini pada tahun sebelumnya melaksanakannya secara daring," ucap dia kepada Majalah ISMA, Senin (18/7/2022).

Dadang pun mengungkapkan, meskipun para peserta menjalani pembelajaran daring selama dua tahun tidak menyurutkan semangat. Dirinya menilai para peserta antusias menjalani Matsama.

"Indikator antusiasnya adalah mereka datang tepat waktu. Ketika pukul 06.30 datang untuk upacara bendera, mereka tidak ada yang terlambat," jelas Dadang.


Pria yang akrab disapa Daro ini mengatakan, peserta didik baru diharapkan bisa cepat beradaptasi dengan sistem pembelajaran tatap muka. Sehingga, bisa mengenal guru, teman, dan kakak kelasnya.


"Dengan Matsama ini juga diharapkan sekolah bisa menggali minat bakat mereka. Contohnya ada yang sudah tahfidz quran bisa diarahkan ke ekskul yang relevan dengan bakat mereka," ucap dia.


Tidak hanya itu, dirinya pun menekankan tentang penerapan tata tertib yang berlaku di MAN 1 Cianjur. Hal ini tentunya dilakukan demi terciptanya iklim sekolah yang kondusif.

"Jadi disampaikan juga pelanggarannnya dan juga poin-poinnya," jelas dia.


Tahun ini MAN 1 Cianjur mengalami peningkatan jumlah siswa baru. Sebelumnya, MAN 1 Cianjur hanya menerima 10 rombongan belajar (rombel), sementara kini menerima 12 rombel.


"Alhamdulillah peningkatan, kita menerima untuk 12 kelas dengan jumlah siswa per kelasnya 36 orang. Dan Alhamdulillah penuh," ungkap Dadang.


Amalia Nurahmani, siswi baru kelas X-A mengungkapkan kesannya setelah mengikuti Matsama hari pertama, dia mengaku merasa senang setelah mendapatkan ilmu baru dari pemateri terutama mengenai pembentukan karakter dan membangun rasa percaya diri.


Selain Amalia, salah seorang siswa bernama Ridho Alfian juga ikut mengutarakan rasa puasnya setelah mengikuti kegiatan Matsama.


"Kegiatannya sangat menyenangkan terutama materi dari guru yang sangat bermanfaat bagi kita, selain itu senang juga karena mendapat teman-teman baru di MAN 1 Cianjur ini." jelas dia.(afs)

                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama