Keistimewaan Malam Nisfu Syakban dan Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan

 

Keistimewaan Malam Nisfu Syakban dan Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan 
(Ilustrasi: Pexel.com)

Apa Itu Malam Nisfu Syakban?

Malam Nisfu Syakban adalah malam laporan amal kepada Allah yang terjadi pada pertengahan bulan Syakban atau malam ke-15 bulan Syakban. Malam Nisfu Syakban merupakan salah satu malam yang istimewa karena malam diyakini sebagai malam dimana semua dosa akan dihapuskan dan semua doa dikabulkan. 

Seperti yang disebutkan dalam hadits Ibnu Abbas: "Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, yaitu malam Jum'at, malam pertama dari bulan Rajab, malam nisfu Syakban, malam lailatul qadar, malam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha."


Amalan-Amalan Sunnah yang Dapat Dilakukan pada Malam Nisfu Syakban:

  1. Memperbanyak doa sejak terbenam matahari.
  2. Memperbanyak membaca istighfar.
  3. Memperbanyak membaca syahadat.
  4. Setelah shalat maghrib dianjurkan untuk membaca surah yasin sebanyak tiga kali dengan niat meminta keberkahan umur, harta, kesehatan, dan ketetapan iman.
  5. Melakukan shalat sunah malam, seperti shalat tahajud, shalat hajat, shalat witir, dan shalat tasbih.
  6. Berpuasa di hari nisfu Syakban. 

Hadits Nabi Muhammad Saw:

قَالَ حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ ‏.‏ قَالَ: ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: Usamah bin Zaid berkata: "Ya Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihatmu berpuasa sebanyak di bulan Syakban." Rasulullah SAW berkata: "Ini adalah bulan yang tidak banyak diperhatikan orang-orang antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan saat berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. Aku suka amalanku diangkat saat sedang berpuasa." (HR Imam An-Nasa'i)

Nah, itu dia keistimewaan malam nisfu Syakban beserta amalan sunnah yang bisa dilakukan di malam tersebut. Yuk, kita manfaatkan setiap saat yang istimewa dengan berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dan memperbanyak melakukan amalan sunnah.


Penulis: Silmi Yusniah Salsabila (XI IPS 1, MAN 1 Cianjur)

                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama