GALAKSI XV 2023: Bangkitkan Semangat Berprestasi Pasca Gempa Bumi


GALAKSI XV 2023: Bangkitkan Semangat Berprestasi Pasca Gempa Bumi
(Foto: Hawa Ayu Fidaloka/ISMA)


Majalah ISMA, Cianjur -  MAN 1 Cianjur kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan GALAKSI XV. Kegiatan yang mengusung tema "Revolusi Manifestasi Aksi untuk Negeri" ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

Kegiatan ini dibuka dengan Sharing Pengalaman dan Pengetahuan pada tanggal 4 Mei 2023. "Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dibuka dengan Webinar, GALAKSI tahun ini dibuka dengan Sharing Pengetahuan dan Pengalaman oleh pemateri yang ahli dalam bidang perlombaan tertentu yang diambil dari siswa dan alumni MAN 1 Cianjur." Papar Siti Sahar selaku ketua pelaksana GALAKSI XV ketika diwawancari oleh wartawan Majalah ISMA (20/05/2023).

Pada kegiatan GALAKSI tahun ini terdapat 11 cabang lomba yang dilaksanakan, antara lain Olimpiade IPA dan IPS, Story Telling, MTQ, Akustik Cover Song, Artikel Opini, Puisi Islami, Pertolongan Pertama, Video Edukasi Kesehatan, Semaphore Dance, dan Foto Kontes. Jika dirincikan, keseluruhan peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan tahun ini mencapai 209 orang siswa SMP/MTs.

Berikut daftar kejuaraan GALAKSI XV 2023:

MTQ; 

• MTQ Putra; Juara 1 Alifa Rusydy Nubuwah (SMP IT Baitul Ilmi). Juara 2 Muhammad Abdur Rouf (SMPN 5 Cianjur). Juara 3 Muhammad Sandi Maulana (SMPN 5 Pasir Kuda).

• MTQ Putri; Juara 1 Artha Aulia Bismilia (MTs Manarulhuda). Juara 2 Asny Meilani Rahmatillah (MTs As-Sulaimaniyyah). Juara 3 Shaila Nurma Mulida (MTs Assaidiyyah).

Olimpiade IPA; Juara 1 Rafly Febrian Pratama (SMPN 1 Karangtengah). Juara 2 Irgya Ataya Irsyad (SMP IT Baitul Ilmi). Juara 3 Hafida Putri Syaharani (MTs Assaidiyyah).

Olimpiade IPS; Juara 1 Aura Keisya Salsabila (SMPN 4 Cianjur). Juara 2 Rifda Widad Azizah (MTs Tanwiriyyah). Juara 3 Riri Oktaviani (MTs Assaidiyyah).

Story TellingJuara 1 Myiesha Nafeeza Ayu (SMP Islam Kreatif Muhammadiyah). Juara 2 Muhammad Adam Aditya Marhendra (SMP Islam Kreatif Muhammadiyah). Juara 3 Muhammad Saad Jaelani (SMPN 1 Karangtengah).

Artikel Opini; Juara 1 Satria Adi Wijaya (SMPN 4 Cianjur). Juara 2 Rima Muntazah (SMPN 1 Warungkondang). Juara 3 Sarah Nur Hasanah S (MTs Persis 04 Cianjur).

Puisi Islami; Juara 1 Khelifa Seichi Shiama (MTsN 6 Cianjur). Juara 2 Muhammad Saad Jaelani (SMPN 1 Karangtengah). Juara 3 Nydia Nur Shafiyah (MTs Assaidiyyah).

Pertolongan Pertama; Ririn Kalifa Zahra (MTsN 6 Cianjur).

Video Edukasi Kesehatan; Juara 1 Dini Siti Nuraeni (SMPN 1 Cikalongkulon). Juara 2 Auliya Septina Anugrah (SMPN 2 Cianjur). Juara 3 Cinta Hasni (SMPN 1 Cibeber).

Semaphore Dance; Juara 1 SMPN 1 Karangtengah (Barrakussa). Juara 2 SMP Islam Kreatif Muhammadiyah (Puspa Pesona). Juara 3 SMPN 4 Cianjur (Oryza Sativa).

Foto Kontes; Foto Terbaik (MTs Assadiyyah). Kostum Terbaik (MTs Al-Muawanah). Make Up Terbaik (SMPN 1 Gekbrong).

Akustik Cover Song; Juara 1 SMPN 1 Cibeber (Sadana Voice). Juara 2 SMP Al Ma'moen (Zulfaris). Juara 3 SMP Islam Kreatif Muhammadiyah (SPIKTIF).

Daftar pemenang di atas diumumkan pada saat Grand Closing pada tanggal 20 Mei 2023. Acara ini menandai berakhirnya rangkaian perlombaan GALAKSI XV yang ikut dimeriahkan oleh beberapa penampilan spektakuler dari siswa/siswi MAN 1 Cianjur.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, penyelenggara berharap bisa memperkenalkan MAN 1 Cianjur kepada khalayak terutama siswa/siswi SMP/MTs yang ada di Jawa Barat khususnya Cianjur. Siti Sahar juga mengungkap bahwa GALAKSI ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan MAN 1 Cianjur tetapi juga untuk meningkatkan prestasi, mengasahkan bakat, serta kreativitas dari siswa/siswi SMP/MTs.

"Untuk temen-temen yang nantinya akan menjadi panitia GALAKSI selanjutnya tolong dipertahankan dan ditingkatkan lagi apa yang kita dapatkan sekarang dan untuk siswa/siswi SMP/MTs jangan lupa untuk ikuti GALAKSI di tahun depan." Ujar Siti Sahar menutup sesi wawancara dengan kami.

Nizar Saepul Ulum, selaku penanggung jawab juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada panitia yang sudah berjuang bersama mengeluarkan tenaga dan pikirannya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.


Wartawan: Marsya Niswah Aulia, Refa Nurcahya Putri, Neng Adimah Aulia Turohmah, dan Febriana Tri Wulandari
Editor: Neng Adimah Aulia Turohmah

                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama