Tahukah Kamu! Ternyata Menunda Bisa Menciptakan Ide-Ide Cemerlang

(Ilustrasi: Pexel.com)

Halo Sahabat ISMA!

Terlalu sering menunda pekerjaan dapat menimbulkan dampak negatif. Karena sesungguhnya orang sukses pun tidak terlalu suka untuk menunda pekerjaan dan tugasnya, apalagi yang menurut mereka tugasnya itu sangat penting dan harus diselesaikan secepatnya.

Berikut adalah dampak negatif jika terlalu sering menunda pekerjaan, yaitu:

  • Kehilangan banyak waktu yang sangat berharga.
  • Akan semakin malas.
  • Mengalami stress dan panik. karena memikirkan pekerjaan yang tidak kunjung selesai, ya pantas tidak selesai orang kamu saja tidak pernah mengerjakannya!
  • Tidak Produktif.
  • Kurang bertanggung jawab.
  • Tidak pernah disiplin.

Masih banyak lagi dampak negatifnya. Oleh sebab itu, selesaikan segera tugas dan pekerjaanmu supaya tidak semakin menumpuk seperti gunung ya!.

Namun, tahukah kamu bahwa menunda pekerjaan atau tugas ternyata mempunyai dampak positif juga. Loh kok bisa? bukannya kalau menunda pekerjaan itu tidak baik ya?. 

Memang ada kalanya menunda pekerjaan atau tugas itu tidak baik karena orang sukses itu tidak pernah menunda pekerjaan, tetapi ternyata menunda itu mempunyai sisi positifnya juga, Loh. 

Menurut Maudy Ayunda dalam buku yang dia baca yaitu The Originals by Adam Grant, menyatakan bahwa terkadang penundaan bisa memberikan ruang bagi otak untuk mengembangkan ide-ide yang lebih cemerlang dibandingkan ide yang sebelumnya sudah kita pikirkan.

Selain itu, ternyata Leonardo Davinci seorang pelukis Monalisa pun, ternyata sosok yang suka menunda. Dia menyelesaikan lukisan Monalisa selama kurang lebih 16 tahun.

Kalian pasti sering juga menunda tugas yang diberikan oleh guru di sekolah kan?. Mengaku saja pasti iya kan? Sama kok saya juga sering, apalagi tugas yang diberikan itu cukup rumit dan kita harus menemukan ide cemerlang yang menarik untuk mengerjakan tugas tersebut. Ketika kita memaksakan untuk mengerjakan tugas tersebut di hari itu, kita terkadang kesulitan untuk menemukan suatu ide yang menarik.

Ketika terjadi peristiwa seperti itu, sebaiknya kamu memanfaatkan penundaan sebagai strategi untuk kita mencari ide, karena penundaan mendorong kita untuk maju bertahap dan membuat otak kita terbuka untuk ide yang lebih luas.

Bahkan tanpa disadari, memang benar faktanya kalau kita menunda tugas dan mengerjakannya dekat dengan deadline otak kita selalu terbuka dan menemukan ide yang lebih menarik lagi, dibandingkan ketika kita mengerjakan tugas itu di awal. Jadi, penundaan tidak selamanya negatif, menjadi orang penunda itu justru ciri orang yang perfeksionis.

Tetapi kalian harus selalu ingat juga bahwa tidak semua hal di dunia ini bisa ditunda, jadi jangan terlalu sering menunda pekerjaan dan tugas, jika ada tugas yang menurutmu itu ringan atau mudah, ya langsung dikerjakan saja tidak perlu ditunda, kecuali jika tugasmu itu cukup rumit dan kamu harus menunda tugas tersebut untuk memikirkan ide-ide yang lebih cemerlang lagi, maka kamu boleh menunda tugas tersebut dan memberi ruang kepada otakmu untuk berpikir lebih luas.


Penulis: Reva Putriani (X-A, MAN 1 Cianjur)

                                                           

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama