Apakah Berbahaya Menggunakan Korek Api Sebagai Solusi untuk Menyalakan Kompor Gas Rusak?

 

Ilustrasi: Pexels.com

Kompor gas yang telah rusak knopnya dan berusia cukup lama membuat lambat laun bagian dari kompor gas tersebut akan melemah.

Selang regulator yang mengalirkan gas dari tabung ke kompor lalu gas tersebut akan memancarkan api jika knop tersebut diputar dan jika knop tidak bisa digunakan maka kompor gas pun tidak akan menyala, maka korek api biasanya akan menjadi penolong dan solusi untuk masalah tersebut.

Apakah tidak berbahaya jika korek api digunakan untuk menyalakan kompor gas? Relatif tidak berbahaya, asalkan knop kompor gas diputar sedikit saja saat menyalakan korek api.

Namun, jika kompor gas sulit dinyalakan akan mengakibatkan adanya kerusakan sebaiknya kompor gas diperbaiki karena akan berbahaya jika ada gas bocor, apalagi jika kita salah memilih korek api, korek api yang mudah terbakar bisa saja menimbulkan kebakaran, ledakan, bahkan cedera.

Maka, dapat disimpulkan penggunaan korek api sebagai solusi menyalakan kompor gas rusak itu sebenarnya boleh saja. Namun, di sisi lain kita juga harus melihat kekurangan dan kelebihan dari penggunaannya. Apakah baik digunakan atau tidak, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sudah menjadi hal umum di masyarakat ketika knop kompor gas tidak memancarkan api dan tidak bisa dinyalakan, maka korek api yang dijadikan solusi. Tapi sekali lagi, hati-hati dan waspada. Sebaiknya jangan mengambil risiko dengan menggunakan cara ini. Serahkan saja kompor gasmu kepada sang ahli untuk diperbaiki!.


Penulis: Siti Masdiah (XII IPS 2, MAN 1 Cianjur)

                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama