Cara Melatih Public Speaking Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Cara Melatih Public Speaking Agar Lancar Berbicara di Depan Umum
Cara Melatih Public Speaking Agar Lancar Berbicara di Depan Umum.(Foto: Pexels.com)

Berbicara di depan umum adalah salah satu keterampilan paling penting yang bisa kamu miliki dalam kehidupan profesional kamu. kamu akan membutuhkannya untuk setiap wawancara kerja, dan terlebih lagi jika kamu ingin menjadi CEO atau pemilik bisnis. Namun, berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah dilakukan, terutama jika kamu sangat gugup berdiri di depan audiens dan mengatakan sesuatu yang penting. Kabar baiknya adalah bahwa melatih diri kamu sendiri tentang bagaimana menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum memang membutuhkan waktu, tetapi juga usaha dari kedua belah pihak: kamu dan juga audiens kamu.

Belajar berbicara dengan jelas

Untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, kamu harus melatih kejelasan pidato kamu. Berlatihlah berbicara dengan perlahan dan jelas untuk membantu orang memahami apa yang kamu katakan. Cobalah menggunakan kalimat pendek daripada kalimat panjang, karena lebih mudah diikuti. Selain itu, gunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami. Jika perlu, cobalah membaca dengan keras sebuah bagian dari buku atau artikel sehingga terdengar alami dalam konteks pidato kamu.

Untuk menekankan pesan yang kamu ingin orang lain mengingatnya dengan jelas (misalnya, "Jangan lakukan ini!"), gunakan bahasa tubuh seperti menunjuk sesuatu (seperti objek) atau ke arah orang lain yang hadir di acara di mana kamu menyajikan informasi tentang topik tersebut - mereka kemudian akan merasa terdorong oleh tekanan sosial nggak hanya dari diri mereka sendiri tetapi juga dari orang-orang di sekitar mereka yang melihat bagaimana kamu memberi isyarat dengan gerakan tangan ini barusan....

Belajar bernapas dengan benar

Pentingnya bernapas jarang mendapat perhatian yang cukup dalam pelatihan berbicara di depan umum, tetapi ini merupakan bagian integral dari kemampuan kamu untuk mempertahankan nada suara yang stabil dan percaya diri. Tanpa teknik pernapasan yang tepat, kamu bisa terdengar seperti kehabisan napas, yang akan membuat audiens kamu merasa nggak nyaman. Mempelajari cara bernapas dengan jelas sangat penting untuk kesuksesan kamu sebagai pembicara publik.

Kamu harus mempraktikkan latihan-latihan ini untuk mengembangkan kebiasaan yang baik ketika berbicara di depan umum:

  • 'Nafas Empat Hitungan', di mana kamu menarik napas melalui hidung selama 4 hitungan dan kemudian menghembuskannya melalui mulut selama 4 hitungan; ulangi 8 kali sebelum melanjutkan ke latihan berikutnya di bagian ini (atau di antara setiap kalimat jika berlaku). Teknik ini sangat membantu ketika memberikan presentasi atau pidato, karena teknik ini membuat suara kamu nggak terdengar tegang atau gugup sepanjang presentasi; sebaliknya, teknik ini memberi orang yang mendengarkan sesuatu yang menarik yang dapat mereka fokuskan sambil menunggu dengan sabar sampai giliran mereka tiba lagi sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik mengenai apa yang telah mereka dengar sejauh ini!

Berlatih kata-kata sulit

Berlatih dengan teman atau anggota keluarga. Ini bisa menjadi cara yang sangat berharga untuk mendapatkan umpan balik tentang penampilan kamu, dan kamu mungkin mempelajari hal-hal tentang diri kamu yang nggak kamu sadari sebelumnya.

Gunakan cermin untuk melihat apakah kamu membuat ekspresi wajah yang tepat. Jika hal ini sulit bagi kamu, mintalah bantuan seseorang yang mengenal kamu dengan cukup baik agar nggak tersinggung dengan permintaan kamu untuk menganalisis seperti apa wajah kamu ketika berbicara di depan umum tentang subjek yang membuat mereka nggak nyaman, meskipun saya nggak tahu kenapa subjek apa pun akan membuat mereka nggak nyaman.

Berlatih di depan kamera video. Rekam video diri kamu saat berpidato sehingga ketika tiba saatnya untuk "hal yang nyata", semua teman kamu akan tahu dari pengalaman betapa menyakitkannya hal ini, dan karena itu akan berhenti mengajukan pertanyaan selama sesi Tanya Jawab di setiap acara di mana mereka melihat saya berbicara!

Pastikan kamu menyadari bahasa tubuh kamu

Banyak orang berpikir bahwa berbicara di depan umum adalah tentang kata-kata yang kamu gunakan, tetapi ini juga tentang bagaimana kamu menggunakan tubuh kamu.

Ada beberapa latihan sederhana yang akan membantu kamu meningkatkan bahasa tubuh kamu dan membuat kesan yang baik pada audiens mana pun.

Pertama, cobalah latihan pernapasan. Pernapasan dalam membantu menenangkan saraf dan membuat kamu merasa lebih nyaman di depan audiens. Hal ini bisa dilakukan kapan saja sepanjang hari: ketika berjalan-jalan atau mengendarai mobil, misalnya.

Kedua, pastikan kamu berdiri tegak sehingga orang lain melihat betapa percaya diri dan rileksnya kamu ketika berbicara tentang sesuatu yang penting bagi mereka."

Gunakan humor

Gerry Spence mengatakan, "Humor adalah cara yang bagus untuk mencairkan suasana, humor memberi kamu kredibilitas dan menunjukkan bahwa kamu adalah manusia, bukan hanya politisi lain."

Agar berhasil menggunakan humor dalam pidato kamu, ingatlah kiat-kiat ini:

  • Jangan mencoba terlalu keras. Jika orang banyak menertawakan sesuatu yang kamu katakan atau lakukan, itu karena mereka merasa terhubung dengan perasaan atau pemikiran kamu pada saat itu. Jika mereka nggak tertawa, maka mungkin itu nggak cukup lucu-atau nggak layak untuk dikatakan!

  • Jadilah relevan dan tepat waktu. Humor nggak memiliki batasan usia; namun, jika kamu mencoba membuat poin tentang sesuatu yang spesifik yang terjadi baru-baru ini (seperti peristiwa atau berita), pastikan audiens kamu akan mendapatkan lelucon dengan merujuknya secara langsung sebanyak mungkin tanpa terlalu bertele-tele tentang hal itu-jika nggak, orang mungkin melewatkan apa yang membuat mereka tertawa di tempat pertama!

Lakukan kontak mata dengan audiens kamu

Untuk membangun kepercayaan dengan audiens kamu, kamu harus melakukan kontak mata dengan setiap individu di dalam ruangan. Penting untuk nggak menatap satu orang terlalu lama atau melihat ke lantai atau langit-langit. Melihat ke bawah akan membuat kamu tampak gugup dan gelisah, sementara melihat ke atas nggak ada yang khusus membuatnya tampak seperti kamu kurang percaya diri dan mengarang-ngarang sesuatu sambil lalu. Selain itu, jangan melihat catatan kamu terus-menerus selama presentasi - ini terlihat nggak profesional dan akan mengalihkan perhatian dari apa yang ingin kamu sampaikan!

Buat daftar hal-hal yang ingin kamu bicarakan sebelum kamu berdiri di depan audiens.

Agar perhatian kamu tetap terfokus pada audiens, bukan pada jam, pastikan kamu telah memilih topik yang dapat dikelola dan menarik.

  • Tuliskan daftar hal-hal yang ingin kamu bicarakan sebelum kamu berdiri di depan hadirin.

  • Pastikan topik-topik tersebut dapat dikelola. Jika presentasi kamu berdurasi 10 menit, jangan mengisinya dengan 20 poin!

  • Pastikan topik-topik tersebut merupakan campuran dari hal-hal yang kamu ketahui dengan baik dan hal-hal yang perlu kamu teliti. Misalnya: jika kamu ahli dalam berbicara di depan umum tetapi nggak tahu apa-apa tentang strategi bisnis dan strategi untuk sukses, maka fokuslah pada bidang-bidang ini ketika menulis catatan kamu sebelum mempresentasikannya di depan audiens (atau gunakan sumber daya kami di bawah ini).

Mulailah dengan langkah-langkah kecil seperti membaca dengan keras dalam kelompok kecil atau kelas

Saya tahu bahwa ini adalah ketiga kalinya saya mengatakannya, tetapi ini sangat penting sehingga saya ingin menegaskan kembali: mulailah dari yang kecil. Jangan mencoba melakukan terlalu banyak hal terlalu cepat! Bahkan, ketika kamu pertama kali memulai, kamu bahkan nggak perlu memikirkan diri kamu sendiri sebagai pembicara publik sama sekali; bayangkan saja kamu sedang memberikan presentasi di kelas. Mulailah dengan membaca keras-keras di depan kelompok kecil atau kelas-mungkin hanya tiga orang-dan lihat bagaimana kelanjutannya dari sana. Semakin nyaman kamu berbicara di depan umum, semakin percaya diri dan nyaman audiens kamu mendengarkan apa yang kamu katakan.

Ketika kita gugup berbicara di depan umum (atau ketika kita memiliki pengalaman buruk), otak kita cenderung fokus pada segala sesuatu yang bisa salah, bukannya fokus pada kesuksesan dan apa yang akan kita katakan selama pidato atau presentasi kita. Otak kita juga sangat pandai mengingat momen-momen memalukan dari masa lalu kita dan menarik perbandingan antara peristiwa-peristiwa itu dan situasi apa pun yang mungkin kita hadapi saat ini (bahkan jika situasi itu nggak persis sama). Jika hal ini terdengar seperti sesuatu yang familiar untuk alasan apa pun, maka kemungkinan besar itu bukan hanya "kegelisahan" yang menyebabkan perasaan seperti itu juga!

Dalam hal ini, cobalah untuk nggak memikirkan apa pun selain pikiran positif saat berlatih sebelum naik ke atas panggung - pikirkan tentang apa yang akan membuat audiens ingin mendengarkan dengan seksama sambil tetap bersenang-senang mendengarkan?

Tonton diri kamu di video dan cobalah untuk mengidentifikasi apa yang harus kamu tingkatkan

Ketika kamu menonton diri kamu sendiri dalam video, cobalah untuk mengidentifikasi apa yang bisa kamu tingkatkan. Tujuannya adalah untuk melihat diri kamu sendiri seperti orang lain melihat kamu, tetapi bahkan jika ini adalah pertama kalinya kamu membuat video diri kamu berbicara, ada beberapa hal yang akan terlihat jelas bagi setiap penonton yang menonton rekaman penampilan kamu.

Misalnya: jika kamu menggumam atau mengucapkan kata-kata yang nggak jelas saat berbicara, rekam ulang dan coba lagi sampai terdengar cukup jelas sehingga orang lain dapat memahami apa yang dikatakan. Atau jika mereka nggak dapat mendengar apa yang kamu katakan sama sekali karena kebisingan latar belakang (seperti AC), maka pertimbangkan untuk mencari lokasi lain di mana nggak terlalu bising atau bergerak lebih dekat ke mikrofon (jika ada yang digunakan). Juga lihat ekspresi wajah seperti tersenyum atau meringis; apakah sesuai dengan nada suara yang digunakan? Jika ya, bagus! Jika nggak, maka pastikan keduanya lebih cocok di lain waktu sebelum membagikannya dengan orang lain.

Setelah masalah-masalah seperti ini diperbaiki dalam rekaman berikutnya, maka fokuslah pada aspek-aspek lain seperti gerak tubuh dan kontak mata selama berpidato serta gerakan tangan saat memberikan presentasi.

Temukan contoh-contoh yang baik dan cobalah untuk belajar dari pembicara terkenal

Jika kamu ingin menjadi pandai dalam suatu hal, kamu perlu menemukan contoh-contoh yang dilakukan dengan baik. Jika kamu mencoba untuk belajar bagaimana menjadi penulis yang hebat, bacalah beberapa buku oleh penulis yang telah berhasil di masa lalu. Ini bisa sangat membantu untuk berbicara di depan umum, karena ini bukan bidang di mana ada banyak contoh terkenal-jadi menemukan sumber yang telah masuk ke dalam budaya populer mungkin terbukti menantang. Namun, jika kamu mencari cukup keras, saya berjanji akan ada setidaknya satu orang yang pidatonya beresonansi dengan jiwa kamu dan menginspirasi kamu untuk mempelajarinya lebih lanjut!

Berbicara di depan umum adalah bagian penting dari kehidupan kita. Kita perlu berbicara di depan orang lain setiap hari, entah itu di tempat kerja atau hanya saat berkumpul dengan teman-teman. Jika kamu ingin bisa melakukan itu, maka kamu perlu menggunakan cara-cara di atas.

Penulis: Afsal Muhammad (Penulis, Wartawan, Web Developer Cianjur)

                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama