Wajib Tahu! 6 Tips Menulis Artikel yang Menarik

Menulis artikel yang menarik bisa jadi sulit. Hal ini mengharuskan Anda untuk mengenal audiens Anda dan memahami minat mereka, sekaligus menciptakan cerita menarik yang ingin mereka baca. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menulis konten yang menarik yang beresonansi dengan orang-orang dan membuat mereka ingin membagikannya dengan teman-teman mereka.

Identifikasi Audiens Anda

Mengidentifikasi audiens Anda adalah langkah pertama untuk membuat konten yang mereka inginkan. Mengetahui untuk siapa Anda menulis akan membantu Anda menentukan apa yang membuat mereka tertarik dan jenis konten apa yang mereka tertarik untuk baca. Jika Anda memiliki blog, ini adalah suatu keharusan!

Mengetahui siapa audiens Anda juga dapat membantu pengoptimalan SEO, karena algoritme Google lebih menyukai situs web dengan konten berkualitas tinggi yang menarik bagi ceruk tertentu (misalnya, "SEO copywriting"). Dengan mengidentifikasi audiens Anda, Anda dapat membuat konten yang berbicara langsung kepada mereka - dan dengan ekstensi - menyoroti semua kata kunci yang relevan yang digunakan oleh mesin telusur ketika seseorang mencari topik tersebut.

Gunakan Piramida Terbalik

Gaya piramida terbalik adalah metode penulisan artikel berita. Gaya piramida terbalik juga dikenal sebagai segitiga terbalik, karena berbentuk segitiga terbalik. Gaya piramida terbalik telah digunakan selama lebih dari 100 tahun dan masih populer hingga saat ini.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara menulis artikel yang menarik menggunakan gaya piramida terbalik. Kami akan mulai dengan menjelaskan apa itu dan mengapa Anda harus menggunakannya dalam upaya pembuatan konten Anda. Kemudian kami akan membahas beberapa tips yang akan membantu Anda menulis artikel yang lebih efektif menggunakan teknik ini.

Selalu Lakukan Riset Sebelum Menulis

Penulis yang baik selalu melakukan riset sebelum menulis. Mereka tidak berasumsi bahwa mereka tahu segalanya tentang suatu topik, dan mereka tidak pernah mengarang fakta. Ini bisa menjadi konsep yang rumit bagi penulis baru, yang mungkin berpikir bahwa tidak apa-apa mengarang-ngarang saja jika Anda menulis tentang sesuatu yang Anda ketahui dengan baik.

Anda ingin memastikan bahwa pembaca Anda tidak bingung atau disesatkan oleh cerita Anda, yang berarti memeriksa fakta-fakta Anda dan mendapatkan detail yang benar. Jika Anda menulis artikel tentang komputer, jangan hanya mengatakan "Saya suka komputer saya karena memiliki grafis yang bagus" ketika berbicara tentang video game-bicarakan secara khusus tentang kartu grafis di dalam komputer Anda! Jika Anda menulis novel berlatar belakang Kota New York selama Perang Dunia 2, jangan menyebutkan bangunan yang belum dibangun pada saat itu (seperti Rockefeller Center).

Hal yang paling penting ketika melakukan riset adalah menemukan sumber-sumber yang dapat dipercaya: buku-buku yang ditulis oleh para ahli di bidangnya merupakan sumber informasi yang bagus karena mereka telah melakukan semua riset untuk Anda! Tetapi bahkan jika orang lain telah menulis sesuatu tentang subjek Anda, tetap penting untuk memeriksanya sebelum menggunakannya sebagai referensi.

Ingat: jangan pernah mempercayai siapa pun di Wikipedia tanpa memeriksa ulang apa yang mereka katakan terlebih dahulu!

Tulis Judul dan Pengantar yang Menarik Perhatian

Wajib Tahu! 6 Tips Menulis Artikel yang Menarik
Wajib Tahu! 6 Tips Menulis Artikel yang Menarik.(Foto: Pexels.com)

Judul artikel yang baik sangat penting untuk membuat pembaca tertarik. Gunakan kata-kata deskriptif yang relevan dengan konten postingan Anda, tetapi jangan takut menggunakan sedikit kelucuan atau kelancangan. Anda mungkin berpikir bahwa judul yang lucu akan membuat orang menjauh, tetapi sebenarnya justru sebaliknya: tawa akan membuat pembaca merasa lebih nyaman membaca konten Anda dan mereka akan lebih cenderung membagikannya dengan orang lain jika mereka menyukai apa yang mereka baca.

Mari kita uraikan beberapa cara berbeda yang bisa Anda lakukan untuk menulis judul yang menarik perhatian:

  • Mulailah dengan pertanyaan (misalnya, "Bagaimana saya tahu jika kucing saya berkomplot melawan saya?")

  • Gunakan angka (misalnya, "5 Cara Kehilangan Rambut Membuat Saya Lebih Menarik")

  • Tambahkan tanda kutip di sekitar kata kunci (misalnya, "Bagaimana Menjadi Orang Paling Menarik di Pesta Makan Malam Anda")

Tulis Kalimat dan Paragraf Pendek

  • Menulis paragraf pendek.

  • Tulislah kalimat-kalimat pendek.

  • Gunakan bahasa yang sederhana.

Misalnya: "Artikel ini sangat menarik karena mengajarkan saya bagaimana menggunakan banyak kata yang berbeda untuk membuat tulisan saya lebih menarik dan mudah dibaca."

Selalu Mengoreksi Artikel Anda

Menjadi korektor yang efektif adalah keterampilan yang bisa Anda pelajari dengan latihan. Anda harus mulai dengan membaca artikel Anda paling tidak dua kali, membuat catatan di margin saat Anda membaca. Kemudian, istirahatlah dan kembali lagi nanti - bahkan mungkin setelah beberapa jam atau hari. Pada saat itu, kemungkinan besar Anda sudah lupa beberapa detailnya dan akan dapat melihat pekerjaan Anda dengan mata yang segar.

Tergantung pada berapa banyak waktu yang Anda miliki sebelum tenggat waktu, proofreading dapat dilakukan dalam beberapa tahap: pertama membaca sekali untuk mencari kesalahan ejaan dan tata bahasa; kemudian membaca kedua kalinya lagi dengan lebih fokus pada alur konten (misalnya, jika ada paragraf yang tidak masuk akal atau tampak terlalu panjang); akhirnya melakukan satu kali pemeriksaan terakhir untuk semuanya sebelum mengirimkannya untuk publikasi-atau menyerahkannya kepada orang lain untuk diperiksa apakah ada kesalahan ejaan (trik yang bagus jika bahasa Inggris bukan bahasa pertama Anda).

Menulis artikel yang menarik berarti Anda dapat menarik perhatian audiens Anda dan membuat mereka tetap terlibat. Ini juga berarti bahwa konten yang Anda hasilkan cukup menarik sehingga pembaca ingin membaca lebih banyak dan berbagi dengan orang lain, yang dapat meningkatkan lalu lintas di situs atau blog Anda. Entah itu artikel tentang bagaimana orang harus minum lebih banyak air setiap hari atau ulasan film baru yang akan keluar minggu depan, tips ini akan membantu memastikan bahwa apa yang Anda tulis akan cukup menarik bagi orang untuk membaca dari awal (judul) sampai akhir (kesimpulan)

Penulis: Afsal Muhammad (Penulis, Jurnalis, dan Web Developer Cianjur)

                                   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama