Tips Jitu Agar Pelanggan Anda Tetap Setia, Gunakan Loyalty Program!

 

Seperti yang kita ketahui bahwa pelanggan merupakan salah satu aset terpenting yang harus dimiliki oleh bisnis. Membuat pelanggan agar tetap loyal dan ingin kembali lagi agar dapat membeli produk akan lebih sulit jika dibandingkan dengan menemukan pelanggan agar dapat membeli produk untuk pertama kalinya. 

Ketika Anda memiliki pelanggan yang loyal, ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang, untuk hal ini pelanggan tetap juga dapat menekan biaya promosi atau dalam pemasaran bisnis. Lalu bagaimana cara mempertahankan pelanggan dengan loyalty program?

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan

  1. Kepuasan atau Satisfaction 

Kepuasan atau satisfaction merupakan salah satu pengukuran atau gap antara harapan yang diinginkan pelanggan dengan kenyataan yang diterima oleh pelanggan. Untuk itu, Anda harus memberikan kepuasan terhadap pelanggan dalam memberikan pelayanan yang maksimal dan produk yang sedang Anda jual.

  1. Ikatan Emosi atau Emotional Bonding

Setiap konsumen akan dapat terpengaruh oleh sebuah merek yang mempunyai daya tarik tersendiri. Hal ini menyebabkan konsumen juga dapat diidentifikasikan dalam sebuah merek karena mereka juga dapat mencerminkan karakteristik dari konsumen itu sendiri. Ikatan emosi ini akan tercipta ketika konsumen satu dan lainnya saling merasakan ikatan yang kuat ketika menggunakan produk atau jasa tersebut.

Baca Juga: Program Loyalitas dan Indikatornya Yang Wajib Kamu Ketahui!

  1. Trust atau Kepercayaan

Hal ini merupakan salah satu kemauan seseorang atau customer agar dapat mempercayakan merek tersebut sehingga dapat melakukan atau menjalankan fungsinya dengan baik.

  1. Kemudahan 

Konsumen akan menjadi merasa nyaman dengan kualitas produk dan merek. Selain itu, ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, usahakan untuk dapat memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi. Misalnya, ketika Anda dapat memberikan loyalitas pelanggan seperti halnya dengan melakukan pembelian produk secara teratur juga dapat didasari pada akumulasi dari pengalaman.

  1. Customer Experience

Pengalaman pelanggan ketika melakukan pembelian juga dapat membentuk perilaku. Ketika pelanggan mendapatkan pelayanan yang baik, maka pelanggan juga akan mengulangi pembelian di toko yang sama. Sehingga, beberapa faktor tersebut sangat mempengaruhi cara pelanggan agar tetap bertahan dengan loyalty program.

                                                           

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama