Tidur Setelah Makan Dapat Menyebabkan Perut Buncit

 

(Ilustrasi: Unsplash.com)

Makan adalah suatu hal yang sangat penting dan disukai oleh banyak orang, bukan hanya itu, jika kita makan, tubuh akan menjadi bertenaga, sehat dan kuat. Tapi apa benar jika kita tidur setelah makan itu akan menyebabkan perut buncit? Hmm menarik.

Semua orang tentunya suka makan apalagi menjadi kaum rebahan. Tapi mengapa  jika sudah makan langsung berbaring  atau tidur perut membuncit? Apa karena setelah diisi perut menjadi kenyang dan membuat kita menjadi ngantuk? Atau memang sudah menjadi kebiasaan jika sudah makan langsung tidur? Lalu, apa hubungannya dengan perut buncit?

Hal ini nyatanya tidak aneh dan bisa dijelaskan secara medis, pada dasarnya setelah makan perut akan membuncit karena lambung terisi penuh oleh makanan. Kondisi perut buncit tidak akan kembali seperti semula. Tidur atau berbaring setelah makan dalam porsi banyak tidak baik untuk kesehatan lambung. Langsung terlelap setelah makan juga dapat menyebabkan tekanan dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung bisa naik ke kerongkongan.

Kondisi ini berpotensi menimbulkan penyakit GERD (Gastroesophageal reflux disease). Bukan itu saja jika kita sudah mejadi kebiasaan tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi.  Lalu bagaimana jika sudah menjadi kebiasaan dan secara tidak sadar perut sudah terlanjur menjadi buncit? Tidak semua orang menyukai perut nya buncit, jika memiliki perut buncit membuat kehilangan kepercayaan diri apa benar? Dan solusinya bagaimana? 

Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk menghindari perut buncit:

1.  1. Hindari kebiasaan rebahan atau tidur setelah makan

2. 2. Berolahraga dan istirahat yang cukup

3. 3. Menunggu 2-3 jam setelah makan agar makanan yang ada di dalam perut dapat di cerna oleh lambung

4. 4. Hindari makan larut malam, bisa juga kita menikmati camilan di pukul 3-4 sore, kemudian disusul dengan makan malam porsi kecil di pukul 7 malam.

Selain empat hal di atas, tentunya masih banyak hal bisa kita lakukan untuk mencegah perut menjadi bunci akibat berbaring setelah makan. Pola makan juga memengaruhi hal tersebut dan kita bisa memulai dari mengatur pola makan. Perut bunci bukan hal yang memalukan, namun sebaiknya dihindari agar badan kita menjadi lebih sehat.


Penulis: Siti Masdiah (XI IPS 2, MAN 1 Cianjur)

                                                           

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama